Thursday 19 November 2015

percakapan atau dialog asking and giving opinion

Contoh cara meminta pendapat (asking opinion) dalam bahasa inggris

What do you think?
Bagaimana menurutmu?

What's your opinion?
Apa pendapatmu?

What's your view?
Bagaimana pandanganmu?

How do you see the situation?
Bagaimana kamu melihat situasi ini?

Do you have any comment?
Apakah anda punya komentar?

Do you have any opinion?
Apakah anda punya pendapat?


Contoh cara memberi pendapat (giving opinion) dalam bahasa inggris

I reckon....
Menurut saya...

What i reckon is...
Pendapat saya adalah...

In my own opinion...
Menurut pendapat saya...

I think...
Saya pikir...

I'd say...
Saya lebih suka mengatakan...

I feel that...
Saya rasa...

In my view...
Dalam pandangan saya...

If you dot mind me saying...
Jika anda tidak keberatan, pendapat saya...

In my humble opinion...
Sejujurnya...

I tend to think that...
Saya cenderung berpikir bahwa...

May be, you need to...
Mungkin sebaiknya...

I personally think that you should...
Saya berpikir bahwa kamu seharusnya...

I'm utterly convinced that...

saya sangat yakin bahwa...

I have no doubt that...

saya tidak ragu bahwa...

I strongly believe that...

saya sangat percaya bahwa...

Itulah beragam expresi yang biasa digunakan dalam percakapan memberi atau meminta pendapat. Agar lebih mudah memahaminya perhatikan contoh percakapan giving and asking opinion berikut ini:

Contoh percakapan bahasa inggris 2 dan 3 orang memberikan dan meminta pendapat (asking and giving opinion)

Ruth   : Milana, what do you think should people do to reduce the bad effects of global warming?
Milana  : I think everybody should start to change their way of life.
Ruth   : what does it mean? what should we do? do you have any opinion?
Milana  : well, actually there are many things that we can do. we can start from a simple thing like saving electricity, using public transportation to reduce pollution, recycling things, etc.
Ruth   : wow, it seems like you have a good knowledge concerning this problem.
Milana  : well, my hobby is reading. I learn many things from reading. i read magazine, book, and also read many articles on the internet.
Ruth   : you are awesome. I think you should write an essay about global warming for our school magazine next week.
Milana  : that's a good idea, i'll try to do it.

Artinya:

Ruth  : Milana, menurut kamu, apa yang harus dilakukan masyarakat untuk mengurangi efek buruk pemanasan global? 
Milana: saya pikir semua orang harus mulai mengubah cara hidup mereka. 
Ruth  : maksudnya? apa yang harus kita lakukan? kamu punya pendapat? 
Milana: baiklah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan. kita bisa mulai dari hal yang sederhana seperti menghemat listrik, menggunakan transportasi umum untuk mengurangi polusi, melakukan daur ulang, dsb.
Ruth  : wow, sepertinya kamu memiliki pengetahuan yang baik tentang masalah ini. 
Milana: hobi saya adalah membaca.saya belajar banyak hal dari membaca. saya membaca majalah, buku, dan juga membaca banyak artikel di internet. 
Ruth  : Kamu mengagumkan. saya pikir kamu harus menulis sebuah esai tentang pemanasan global untuk majalah sekolah kita minggu depan. 
Milana: ide yang baik, saya akan mencoba untuk melakukannya.



Harry  : Hello guys, i need your suggestion. I have a really serious problem right now and i can not found the best solution. Would you like to help me?
Ron      : Just tell us what is your problem, Harry.
Harry  : well, I am really sad now. Next week  I have to stop my study in this school because my father retired two days ago. He cannot pay my school fees anymore.
Peter  : you should take it easy, man. Actually it is not a really serious problem.
Harry  : how can I solve it? I have no money to pay my school fees.
Peter  : okay. I think you should ask for a letter from our headmaster telling that your parents cannot afford your school fees. So you can get a scholarship.
Ron      : yeah, i think you are one of the smartest students here, you should be given a scholarship. So you can continue your study here.
Harry  : thank you so much, guys for your suggestions. I'll try to do that. 

Artinya:

Harry  : Halo guys,  aku butuh saran dari kalian. Aku punya masalah yang benar-benar serius sekarang dan aku tidak dapat menemukan solusi terbaik. Apakah kalian bisa membantu saya? 
Ron      : Cukup beritahu kami apa masalahmu, Harry. 
Harry  : baiklah, aku benar-benar sedih sekarang. Minggu depan aku harus berhenti  bersekolah di sini karena ayahku  telah pensiun dua hari yang lalu. Dia tidak bisa membayar uang sekolahku lagi. 
Peter  : Santai sajalah kawan. Sebenarnya itu bukan masalah yang benar-benar serius. 
Harry  : bagaiman aku bisa mengatasinya? Aku tidak punya uang untuk membayar biaya sekolah. 
Peter  : oke.  Ku pikir kau harus meminta surat dari kepala sekolah kita yang menyatakan bahwa orang tuamu tidak mampu lagi membayar uang sekolah. Jadi kau bisa mendapatkan beasiswa. 
Ron      : yeah, saya pikir kau adalah salah satu siswa terpandai di sini, kah harus diberikan beasiswa. Sehingga Anda dapat melanjutkan studimu di sini. 

Harry  : terima kasih banyak, kawn untuk sarannya. Saya akan mencoba untuk melakukan itu.

No comments: